Terima Kasih Uniku, Terima Kasih Jobstreet.com
Setelah memutuskan untuk mencari pekerjaan baru, awal mula saya bingung harus kemana dan harus mulai dari mana dulu, hingga akhirnya saya teringat bahwa UNIKU mengadakan kerja sama dengan pihak Jobstreet. yah akhirnya saya memutuskan untuk mulai mencari dari sini dulu, UNIKU punya CDC (Career Center Development) yang mana web CDC tersebut terintegrasi dengan Jobstreet, saya mulai berangkat dari situ, saya mendaftar di CDC tersebut, kemudian saya membuat resume tentang keahlian yang saya miliki. ternyata mencari pekerjaan di site CDC cukup mudah, kita hanya tekan tombol apply untuk melamar pekerjaan trus selesai.... Dalam kurun waktu kurang dari 3 hari saya mendapat 2 panggilan sekaligus dari salah satu perusahaan Developer dan perusahaan yang bergerak dibidang toko online dimana keduanya berlokasi di jakarta, karena menurut saya bidang keahlian saya berada di web programming maka saya melamar untuk posisi itu, akhirnya saya dengan perasaan senang datang ke jakarta untuk melakukan interview dengan pihak perusahaan, salah satu perusahaan yang dipanggil bergerak di bidang E-Business saya sambangi terlebih dahulu, kemudian saya melakukan interview, setelah interview selesai saya bersama kandidat yang lain melakukan test skill keahlian programming, ketika saya melihat kandidat yang lain, saya cukup terkagum mereka semua jago coding, dalam hati saya berkata apakah ini yang disebut persaingan, saingan saya sesama kandidat saya merasakan cukup berat mereka semua adalah programmer berpengalaman semuanya.

Test selesai, saya berbincang dengan sesama kandidat seputar test tersebut, ternyata memang betul mereka memang berpengalaman di bidang web, saya agak putus asa melihat hasil saya yang kurang memuaskan, dalam hati saya masih ada satu perusahaan lagi yang harus saya sambangi yaitu perusahaan yang bergerak dibidang developer, akhirnya saya datangi perusahaan tersebut dan saya sampai pada test skill lagi, beberapa kandidat yang terlihat oleh saya lagi-lagi mereka semua adalah programmer hebat. salah satu test terebut saya tidak bisa mengerjakannya karena saya belum mempelajarinya, akhirnya saya kembali dengan tangan kosong tanpa hasil karena saya yakin saya tidak akan terpilih, dan ternyata memang benar saya tidak terpilih, sempat terpikir oleh saya beginilah persaingan dijakarta? tidak semudah yang saya pikirkan, padahal pekerjaan saya sebelumnya juga sebagai web programmer??? ternyata ilmu yang saya miliki belum cukup untuk menyaingi mereka semua...

Kembali saya ke kuningan, disitu saya mulai mengoreksi diri dan saya mulai berlatih lagi disana, media internet menjadi salah satu media pembelajaran yang bagus menurut saya, saya mulai belajar berjam-jam dan menghabiskan waktu untuk belajar seputar web programming. ketika saya rasa cukup, saya memulai mencari pekerjaan lagi melalui jobstreet dan selang beberapa hari saya dipanggil lagi ke jakarta untuk interview dan skill test. lagi-lagi saya mendapatkan 2 perusahaan sekaligus, kali ini saya mendapatkan perusahaan besar... Tbk coooy... wiih mantap, saya melakukan interview sampai pada test skill, wah ternyata kali ini tidak seperti yang kemarin… perkiraan saya meleset, dimana didalam skill test tersebut penguasaan saya masih belum mencukupi, lagi-lagi kandidat pesaing saya hebat-hebat, mereka jika boleh saya sebut adalah webmaster, akhirnya saya pulang dengan perasaan yang tidak yakin dengan test yang saya lakukan, begitu seterusnya hingga 7 perusahaan saya datangi dan semuanya gagal, saya berpikir iniliah persaingan dunia kerja yang sesungguhnya, yah saya terjun didalamnya dengan pengetahuan yang sedikit. akhirnya saya mengumpulkan hasil test dari beberapa perusahaan yang saya datangi dan saya memutuskan untuk terus berlatih dan belajar selama beberapa hari.....

Setelah saya pelajari saya kembali mengunjungi situs CDC milik UNIKU, mulai saya melakukan pencarian pekerjaan masih tetap sama yaitu di bidang WEB Programmer, saya cari-cari dan mulai melamar lagi, hingga saya dipanggil oleh salah satu perusahaan developer, seperti biasa saya melakukan interview dan setelah interview saya melakukan skill test lagi dengan beberapa kandidat lainnya, ketika saya melakukan test programming saya merasa saya sekarang dapat menyaingi dengan kandidat lainnya, akhirnya setelah saya selesai test saya pulang dengan perasaan cukup lega dan yakin akan diterima, dan akhirnya saya memang benar…. saya diterima, selang beberapa waktu perusahaan tersebut memanggil saya kembali untuk melakukan final interview, didalam final interview tersebut, perusahaan menjelaskan job description untuk pekerjaan saya dan mereka mulai melakukan negosiasi sallary dari salary yang saya ajukan, hingga akhirnya kami sepakat dan saya mendapatkan pekerjaan baru. Alhamdulillah posisi saya langsung sebagai Officer Web Programmer, terima kasih CDC UNIKU, terima kasih juga untuk Jobstreet, karena informasi yang disajikan seputar pekerjaan cukup banyak dan banyak sekali pilihannya.

Saya mengambil kesimpulan dari pengalaman saya sendiri janganlah pernah menyerah, teruslah semangat belajar, mencari hal-hal baru, pahami dan berlatih, untuk teman-teman mahasiswa Universitas Kuningan yang sedang mencari pekerjaan cobalah mencari melalui CDC Universitas Kuningan, karena saya rasa aplikasinya cukup sederhana namun lengkap, informasi yang disajikan pun cukup banyak, jika temen-temen alumni mahasiswa UNIKU khususnya Fakultas Ilmu Komputer dan sedang menyenangi web programming ada baiknya untuk mencari tau tentang, ini berdasarkan hasil kumpulan dari test yang sudah saya lakukan :

  1. Penguasaan salah satu bahasa pemrograman Web (PHP, ASPX, JSP)
  2. Penguasaan tentang XHTML, XML, HTML 5, CSS3 dan Javascript
  3. Penguasaan dalam pembuatan interface web yang sesuai standard WEB 2.0
  4. Pemahaman seputar SEO
  5. Memahami SMARTY Template Engine
  6. Penguasaan Module Open Source (Wordpress, Joomla, Drupal, Presta Shop dll)
  7. Memahami konsep Pemrograman Object Oriented
  8. Dapat membuat native program.
  9. Memahami salah satu Framework untuk Server Side Scripting (YII, CodeIgniter, Zend Framework).
  10. Memahami salah satu Framework untuk Client Side Scripting (jQuery untuk Javascript, Blueprint untuk framework CSS).
  11. Memahami APIs Social Media.
  12. Mampu membaca rancangan system mulai dari DFD ERD sampai konsep OO nya yang menggunakan UML.
  13. Memahami seputar bisnis proses.
  14. Menguasai Query Language hingga (STORED PROCEDURE, TRIGGER dan VIEW).
  15. Penguasaan Web Service (SOAP)
  16. Penguasaan Database Engine (MSSQL, SQL Server, PostGreSQL, MySQL dan ORACLE).
  17. Menangani Troubleshooting seputar WEB.


Hal tersebut diatas adalah hasil dari pengumpulan selama saya melakukan skill test, mudah-mudahan dapat membantu untuk persiapan temen-teman alumni mahasiswa Universitas Kuningan yang sedang mendalami web.

Wassalam.


Universitas Kuningan
Galery Alumni

INFO LOWONGAN KERJA
Untuk mendaftarkan CV (Curriculum Vitae) masuk pada halaman Jobstreet Uniku

Statistik Pengunjung


275851

Pengunjung hari ini : 67
Total pengunjung : 37722
Hits hari ini : 222
Total Hits : 275851
Pengunjung Online : 3


Login


WEBSITE UNIKU
Menuju Universitas Unggulan Di Jawa Barat !